Cara Memperbanyak Air ASI Setelah Melahirkan Bayi

Beberapa Cara memperbanyak air asi setelah melahirkan dapat anda simak di bawah ini yaitu :

-      Memijat Payudara

Cara memperbanyak air asi setelah melahirkan pertama adalah dengan memijat payudara. Cara ini sebaiknya dimulai bahkan saat bayi sebelum lahir. Banyak mitos yang mengatakan calon ibu harus menggunakan karet pada ujung puting sesaat sebelum melahirkan agar air susu keluar dengan lancar setelah bayi melahirkan. Cara ini banyak dinilai ampuh, namun tidak dapat dibuktikan secara medis. Sehingga cara memperbanyak asi yang paling logis dan sesuai medis adalah dengan memijat sekitar payudara. Emijatan harus dilakukan dengan benar yakni dengan memujat memutar, lalu diakhiri dengan memilin-milin puting. Cara ini dapat dilakukan beberapa kali saat sedang tidak menyusui bayi, untuk merangsang produksi air ASI selanjutnya.

-      Istirahat Cukup

Kebanyakan ibu pasti mengalami kelelahan pada saat-saat setelah melahirkan, terutama pada beberapa minggu pertama dengan banyaknya pekerjaan rumah yang harus dilakukan. Untuk dapat memproduksi banyak asi, ibu sebaiknya beristirahat secara cukup dan menghindari stress dan kelelahan. Pada cara memperbanyak air asi setelah melahirkan ini, peran suami dan keluarga sangatlah dibutuhkan, terutama untuk melakukan semua pekerjaan rumah dan mengasuh bayi. Berikan penjelasan pada suami bahwa seorang ibu yang menyusui tidak boleh tertalu lelah karena akan berpengaruh pada produksi ASI. Bila bayi yang baru lahir kekurangan ASI, tentu akan sangat disayangkan bila harus memberikan susu formula, karena kandungan dalam susu tersebut jelas berbeda dengan ASI.

-      Menyusui Secara Terus Menerus

Cara memperbanyak air asi setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan menyusui bayi secara terus menerus. Tubuh ibu akan secara otomatis memproduksi kadar ASI yang sudah digunakan sebelumnya untuk menyusui, sehingga dengan menyusui secara terus menerus, maka produksi ASI juga akan turut melimpah. Selayaknya menyusui bayi dilakukan dalam waktu 2 hingga 3 jam sehari. Saat produksi ASI melimpah namun bayi sedang dalam kondisi tertidur, ibu dapat memerah susu tersebut dan membekukannya sebagai cadangan. Sebaiknya hal tersebut dilakukan untuk dapat memperoleh produksi ASI yang semakin melimpah dan tidak tersendat. Sebelum memerah ASI, jangan lupa untuk melakukan beberapa teknik pijatan di sekitar payudara untuk merespon produksi ASI yang semakin melimpah.